Ad Under Header

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Diskominfo Sinjai Monev SP4N Lapor


SINJAI, Sulselpos.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) dan Persandian mengadakan Monitoring Evaluasi (Monev) SP4N Lapor atau layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat di Command Center Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Sinjai, Senin (9/12/2024) siang.


Kegiatan ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, yang diwakili Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai A. Ilham Abubakar, dan dihadiri oleh Pranata Humas Ahli Muda Diskominfo dan Persandian Sulsel, Sarmini Sallu sebagai narasumber.


Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai, Dr. Mansyur, mengatakan Monev tersebut berkaitan dengan sosialisasi Permendagri nomor 8 tahun 2023, tentang pengelolaan pengaduan lingkungan Kemendagri dan pemerintah daerah.


Tujuannya, untuk meningkatkan pemahaman tentang mekanisme pelaporan SP4N Lapor. “Jadi ini untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat memanfaatkan saluran pengaduan yang ada,” ujarnya.


Pj Sekda Sinjai, A. Ilham Abubakar, menekankan Monev ini diharapkan dapat menambah wawasan dan meningkatkan pengetahuan pengelola SP4N lapor dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Sinjai.


Dia meminta melalui aplikasi SP4N Lapor dapat menjamin hak dan partisipasi masyarakat sehingga aduan yang masuk dapat segera ditindaklanjuti.


“Aplikasi ini bukan barang baru, tapi bagaimana bisa kita maksimalkan membuka ruang kepada masyarakat untuk menyampaikan pengaduan dan ditindaklanjuti oleh perangkat daerah, jangan malah menjadi sekat bagi masyarakat,” pungkasnya.


Pada kesempatan itu, A. Ilham turut membahas terkait skema pelayanan dan pemberian tanggapan terhadap aduan yang masuk sehingga kepercayaan publik terhadap pemerintah tetap terjaga di mata masyarakat.


“Yang penting sejauh mana laporan yang masuk ditindaklanjuti, sehingga tidak ada lagi aduan yang tidak direspon yang kadang berdampak seperti masyarakat turun demo karena ada aspirasi yang tidak ditanggapi atau ada saluran yang buntu terhadap layanan pengaduan kita,” jelasnya.


Monev SP4N Lapor ini menghadirkan peserta yang terdiri dari para pengelola SP4N, perangkat daerah, kecamatan, Lurah dan desa se-kabupaten Sinjai. 


Haeril

Tags:
News
Top ad
Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Bottom Ad
Link copied to clipboard.